IAIN Parepare Gandeng Pemkot Rancang Seminar Moderasi

IAIN Parepare Gandeng Pemkot Rancang Seminar Moderasi


IAIN PAREPARE -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare terus menebarkan moderasi beragama yang digagas Kementerian Agama RI. Salah satunya akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.





Hal tersebut diungkapkan Rektor IAIN Parepare, Dr Ahmad Sultra Rustan saat melakukan audience dengan Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim di Ruang Kerja Wawali di Balai Kota Parepare, Rabu (11/3/2020).





Ahmad mengatakan, gagasan moderasi beragama ini perlu disampaikan kepada masyarakat, utamanya kepada para dai, pegawai syara dan pengurus masjid.





Ini penting, kata Ahmad, agar tercipta kondisi yang harmonis antar umat beragama.





"IAIN Parepare mengajak Pemerintah Kota Parepare bersinergi untuk mengadakan seminar. Pesertanya para Dai, Pegawai Syara dan Pengurus Masjid," kata Doktor Komunikasi Lulusan Unhas ini.





Selain itu, sambung Ahmad, IAIN Parepare juga akan mengajak para dai, khususnya dai muda untuk menyampaikan ceramah yang tidak provokatif dan menebar kebencian dengan penganut agama lain.





"Para dai diharapkan menebarkan materi ceramah yang ramah dan menghindari penyampaian narasi kebencian," ungkap Ahmad.





Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim mendengar secara serius pemaparan Rektor IAIN Parepare mengenai gagasan moderasi beragama tersebut.









Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim menyambut baik gagasan moderasi tersebut dan meminta pihak IAIN Parepare segera berkoordinasi dengan pejabat pemkot yang terkait mengenai rencana seminar tersebut.





Selain menyampaikan pentingnya moderasi beragama, Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan juga mengundang secara resmi Pemerintah Kota Parepare, dalam hal ini Walikota Parepare Dr HM Taufan Pawe dan Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim untuk hadir pada acara wisuda sarjana dan magister. Wisuda tersebut akan digelar, Sabtu 21 Maret 2020 mendatang di Auditorium IAIN Parepare.





Rektor IAIN Parepare juga menyampaikan rencananya mahasiswa IAIN Parepare akan melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Nusantara pada 26 Maret 2020 mendatang dan juga KPM tematik di Kota Parepare.





"Selain di Parepare, mahasiswa yang KPM ini juga akan disebar diberbagai lokasi di pulau Sulawesi. Diantaranya di salah satu pulau terpencil di Sulawesi Tenggara," kata Ahmad.









Hadir mendampingi rektor dalam audience tersebut yakni Wakil Rektor I IAIN Parepare Dr Siti Jamilah Amin, Wakil Rektor III, Dr H Muhammad Saleh, Ketua LP2M IAIN Pare, Dr Hj Muliati, Dekan Fakultas Tarbiyah yang juga Ketua Panitia Wisuda, Dr Dahlan dan Sekretaris Wisuda, Nahrul Hayat serta sejumlah pejabat IAIN Parepare. (*)





Penulis : Alfiansyah Anwar


Posting Komentar

Copyright © Tanya IAIN Parepare | Distributed by Blogger Templates | Designed by OddThemes