Bangun Ukhuwah Makhlukiyah Hadapi Covid -19

Bangun Ukhuwah Makhlukiyah Hadapi Covid -19


Humas IAIN Parepare --- "Salah satu penyebab munculnya virus corona itu karena kegagalan kita memperluas silaturrahim. Saya sangat yakin, seandainya silaturrahim kita bagus maka tidak akan pernah ada virus seperti corona ini" demikian salah satu pernyataan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Andregurutta Prof. Dr. KH. Nazaruddin Umar saat membawakan hikma halal bi halal virtual IAIN Parepare, Jumat, 29/5/2020.





Rektor IAIN Parepare, Dr. Ahmad S. Rustan, M.Si saat memberikan sambutan pada acara Halal bi Halal Virtual




Dalam uraiannya, Andregurutta Prof. Nazaruddin menyebutkan bahwa pandemi (wabah) pertama  yang menularkan virus dari binatang kepada manusia terjadi pada kaum Tzamud. Kaumnya nabi Saleh ketika memakan daging onta karena kesombongannya. "Semua yang memakan daging onta saat itu, seketika tubuhnya berubah jadi kuning, merah, hitam dan dalam waktu yang relatif singkat mereka mati mengganaskan. Itulah pandemi pertama di dunia yang dikisahkan dalam al- Qur'an," papar pendiri pesantren al - Ikhlas Bone ini. Pandemi kedua, lanjutnya, melalui lintah yang menyerang umatnya nabi Luth. Sementara pandemi ketiga ditimpakan kepada kaum Abraham yang diserang virus ebola yang sangat mengerikan.





"Virus corona ini apa dan siapa? katanya dalam nada bertanya lalu menjelaskan, virus corona ini adalah salah satu bentuk peringatan dari Tuhan dan Itu bukan azab, tapi musibah," urainya. "Perbedaan azab dengan musibah yaitu azab hanya menimpah orang kafir dan tidak menimpah orang mukmin. Sementara musibah menimpa keduanya, yaitu orang kafir dan orang mukmin,". Menurutnya, Rasulullah Saw telah mendoakan umatnya agar tidak tertimpa musibah seperti umat terdahulu. "Jadi umat Islam patut bersyukur karena tidak ada lagi azab yang akan menimpanya atas doa Rasulullah Saw yang diakbulkan Allah Swt".





"Corona bukan azab tapi musibah, musibah adalah pemberi peringatan, ujian, bukan menyiksa. Beriman atau tidak tetap akan mendapatkan musibah. Kegagalan silaturahim akan menyebabkan musibah. Itulah pentingnya berdamai dengan alam. Macrocosmos (alam) harusnya tunduk pada microcosmos (manusia), namun karena perilaku manusia sehingga terjadi musibah. Kita sering ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, tapi kita lupa ukhuwah makhluqiyah."





Andregurutta Prof. Nazaruddin pun mengenalkan ukhuwah makhlukiyah kepada civitas IAIN Parepare. "Ukhuwah makhlukiyah ini adalah persaudaraan antar sesama makhluk. Jalinan komunikasi perlu dibangun antar sesama makhluk. Ekosistem yang terpelihara akan melanggengkan kesejahteraan bagi manusia sendiri," paparnya. Dia pun, mengetengahkan berbagai pandangan al- Quran dalam membangun hubungan antar sesama mahluk atau alam semesta ini.





"Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka" (QS. Al-Isra:44). "Tidak ada benda mati dalam kamus  al - Quran. Semuanya bertasbih dan memuji Tuhan," kata Prof. Nazaruddin, lalu mengisahkan banyak kisah sikap Rasulullah kepada sesama makhluk. Misalnya kisah  pasir yang bertasbih di depan Rasulullah dan kisah mimbar masjid yang bersedih karena dibuang. Bagaimana kisah Rasulullah memelihara parabotnya dengan memberikan nama-nama terhadap benda-benda yang dimilikinya, seperti gelas, cermin, sisir, pedang, ontanya, dll.





"Jadi orang yang tidak
bersahabat dengan benda mati, maka kita akan gagal dan bisa saja ditimpa
musibah karenanya. Mungkin kegagalan kita menjaga kekhalifaan sehingga Allah
menurunkan musibah sebagai pencuci dosa di masa lampau. Covid -19 ini merupakan
musibah yang bisa melanda siapa saja,’ jelasnya. “Jika kita ditimpa musibah,
jangan terlaluh bersedih karena itu tanda cinta Allah kepada kita. Sebagai
orang beragama, kita harus yakin bahwa musibah adalah ujian. Dimana ada ujian
di situ ada kenaikan kelas. Semakin berat ujian tersebut, maka semakin tinggi
martabat kelulusan kita,” lanjutnya.





Dalam pesan terakhirnya, Anregurutta Prof. Nazaruddin berpesan kepada seluruh civitas IAIN Parepare agar tidak hanya mendakwahkan masalah fiqih, tetapi juga mendakwahkan ilmu ushul fiqih. Menurutnya, umat Islam lebih banyak memahami masalah fiqih. “Apa jadinya kalau masyarakat kita hanya “fiqih oriented” tapi tidak memahami ushul fiqih,” katanya sambil mencontohkan umat Islam yang nekad pergi shalat tarwih ke masjid pada hal sudah dilarang oleh protokol kesehatan.





“Kenapa demikian? Karena mereka hanya paham secara fiqih, bahwa ibadah itu pahalanya banyak tetapi mereka tidak tahu kaidah ushul fiqihnya bahwa “mencegah marabahaya jauh lebih utama daripada mengejar manfaat. Shalat tarwih itu sunnah, tetapi memelihara jiwa itu wajib. Beragama yang benar, adalah mengedepankan yang wajib dari pada sunnah,” tegas Nazaruddin Umar mengutarakan pentingnya pengajaran ushul fiqih bagi umat Islam.


Posting Komentar

Copyright © Tanya IAIN Parepare | Distributed by Blogger Templates | Designed by OddThemes